5 Cara Mempercepat PC

5 Cara Mempercepat PC

Lima Cara / Tips Yang Bisa Membantu Anda Untuk Memperbaiki Kecepatan dan Performa Komputer / Notebook Anda

Adakalanya anda merasakan bahwa komputer / laptop anda menjadi lebih lambat daripada sebelumnya atau pertama kali anda membeli komputer / notebook anda. Beberapa petunjuk sederhana berikut ini akan membantu memperbaiki atau menjaga agar computer tetap berjalan secara halus dan lancar dengan menggunakan tool yang sudah disediakan oleh Winodws XP Service Pack 3 (SP3) dan Windows Vista. Tool ini dimaksudkan untuk lebih memudahkan dan lebih mengeffisiensikan dalam merawat computer anda dan menjaga privacy anda saat melakukan browsing online Internet.

Tip #1 Bebaskan disk space dari file-2 temporary

Dengan membebaskan disk space anda bisa memperbaiki performa dari computer anda. Windows menyediakan tool “Disk Cleanup” untuk membantu anda dalam membebaskan disk space dari hard disk computer anda. Tool ini bisa mendeteksi file-file yang bisa didelete dengan aman, dan bisa memungkinkan anda memilah apakah anda harus menghapus semua file yang telah diidentifikasi atau sebagian saja.

Anda bisa menggunakan “Disk Cleanup” untuk keperluan berikut ini:

  • Menghapus file temporary Internet
  • Menghapus file program hasil download seperti Microsoft ActiveX control dan Java Applets.
  • Mengkosongkan Recycle Bin
  • Menghapus file temporary Windows
  • Menghapus komponen-2 windows optional yang tidak anda gunakan.
  • Menghapus program-2 yang sudah di install dan tidak lagi digunakan

Pada umumnya, file temporary internet mengambil porsi yang sangat besar sebab browser melakukan cache halaman yang anda kunjungi agar bisa diakses lebih cepat nantinya.

Bagaimana menggunakan Disk Cleanup ini?

1. Klik Start => All Programs => Accessories => System Tools kemudia anda bisa klik “Disk Cleanup”. Jika pada komputer anda ada beberapa Hard Disk, anda akan di minta memilih Hard Disk mana yang akan anda rawat / bersihkan.

Disk Cleanup - ScanningDisk Cleanup – Scanning

2. Pada kotak dialog “Disk Cleanup For” anda bisa melakukan scroll daftar isi files dari hasil observasi Windows Disk Cleanup ini yang siap untuk di hapus dengan aman. Anda bisa mencontreng daftar file mana yang anda mau delete.

Tip mempercepat PC- Memilih File Disk CleanupTip mempercepat PC- Memilih File Disk Cleanup

3. Jika anda tidak menghendaki file tersebut di delete, maka hilangkan contrengan disebelah kiri kotak contrengan, dan klik OK.

4. Jika diminta konfirmasi untuk menghapus daftar file yang dicontreng tersebut, maka klik YES.

Setelah beberapa menit, proses penghapusan selesai dan kotak dialog Disk Cleanup akan menutup, computer anda menjadi lebih bersih dan performa menjadi lebih baik.

Tip #2 Mempercepat akses ke Data

Disk Fragmentation memperlambat performa system computer secara keseluruhan. Jika files mengalami fragmentasi, maka computer harus melakukan searching untuk mengumpulkan / menyatukan kembali file tersebut sebelum bisa diakses, dan proses pencarian / penyatuan ini bisa membutuhkan waktu yang sangat lama. Sebuah file yang di tulis didalam sebuah hard disk di computer bisa terletak pada sector yang berurutan dan inilah seharusnya yang terjadi. Jika suatu hard sering dilakukan penghapusan file-2 maka hard disk tersebut bisa mengalami fragmentasi, dimana sebuah file baru yang ditulis kedalam hard disk akan tersebar di beberapa tempat yang tidak berurutan, maka untuk mengkases file tersebut, system harus menyatukan terlebih dahulu sebelum bisa diakses.

Disk Defragmenter adalah utility Windows yang mengconsolidasikan file / folder yang mengalami fragmentasi di dalam hard-disk komputer sehingga masing-masing file / folder tersebut menempati suatu space tunggal didalam hard disk / tidak berserakan. Dengan file / folder yang tersimpan rapi ujung ke ujung tanpa mengalami fragmentasi, maka akan dipastikan bahwa proses pembacaan dan penulisan file menjadi lebih cepat.

Kapan harus menjalankan Disk Defragmenter

Disamping menjalankan Disk Defragmenter secara regular, dianjurkan dilakukan bulanan, ada saat dimana kita perlu menjalankannya seperti:

  • Saat kita menambahkan file dalam jumlah besar
  • Anda membebaskan space hard disk sekitar total 15% atau kurang
  • Anda meng-install program baru atau versi windows yang lebih baru.

Bagaimana menggunakan Disk Defragmenter

1. Klik Start => All Programs => Accessories => System Tools => Disk Defragmenter. Kemudian klik Analyze untuk memulai Disk Defragmenter

Tip mempercepat PC - Disk DefragmentTip mempercepat PC – Disk Defragment

2 Pada kotak dialog Disk Defragmenter, klik Drive yang ingin anda lakukan Defragment dan klik tombol “Analyze”. Setelah disk dianalisa, maka kotak dialog muncul untuk mengkonfirmasikan bahwa anda akan melakukan proses defragmentasi drive.

Tip: anda seharusnya melakukan analisa volume sebelum defragmentasi agar bisa memperkirakan berapa lama proses akan berlangsung.

3. Untuk mulai Defragment disk yang dipilih, klik tombol Defragment. Catatan bahwa dalam Windows Vista, tidak ada interface secara grafis yang menunjukkan proses berlangsungnya Defragmentasi – akan tetapi Hard disk anda sedang dalam proses defragmentasi. Setelah proses selesai, Disk Defragmentasi menampilkan hasilnya.

4. Untuk menampilkan informasi detail tentang disk defragment atau partisi, klik view report.

5. Untuk menutup report, klik Close

6. Untuk menutup utility Disk Defragmenter, klik tombol “Close” pada windows title bar.

Tip #3 Deteksi dan repair disk error

Disamping upaya meng-optimalkan performa computer dengan cara “Disk Cleanup” dan “Disk Defragmenter”, anda juga bisa melakukan pemeriksaan terhadap integritas files yang tersimpan pada hard disk dengan menjalankan utility “Error Checking”.

Kita ketahui bahwa dengan sering dipakainya Hard disk tentunya bisa saja timbul bad sector. Bad sector akan memperlambat performa hard disk dan terkadang menjadikan susahnya proses penulisan bahkan bisa gagal tulis (seperti file save). Utility “Error Check” melakukan scanning hard disk akan adanya bad sector, dan juga scanning terhadap eror file system untuk melihat apah file / folder berada pada tempat yang salah.

Jika anda memakai computer anda harian, maka seharusnya anda melakukan utility ini sekali seminggu untuk menghindari kehilangan data.

Bagaimana menjalankan utility “Error Checking”

  1. Tutup semua file yang terbuka
  2. Klik Start kemudian klik My Computer
  3. Pada Windows My Computer, klik kanan Hard disk yang ingin di periksa bad sectornya, dan klik “Property”
  4. Pada kotak dialog, klik tab Tools
  5. Klik Check Now
  6. Pada kotak dialog, pilih kotak contrengan “Scan for and attempt recovery of bad sector” kemudian klik “Start”
  7. Jika diketemukan bad sector, maka pilih “fix it”
Tip mempercepat PC - Error CheckTip mempercepat PC – Error Check

Tip: Anda boleh mencontreng “Automatically fix file system errors” hanya jika anda sudah memprediksi kalau memang terjadi banyak bad sector.

Tip #4 Lindungi computer anda terhadap Spyware

Spyware mengumpulkan informasi personal anda tanpa sepengetahuan anda tentunya, tanpa permisi – (datang tak diundang pulang gak bawah oleh-oleh). Dari web sites yang anda kunjungi dengan menggunakan username dan password, spyware bisa menempatkan informasi personal anda dalam resiko. Selain konsen terhadap data privacy anda, Spyware dapat menghambat performa computer anda. Untuk memerangi Spyware, anda perlu mempertimbangkan meggunakan Microsoft Windows Defender, yang mana sudah termasuk dalam Windows Vista, dan juga tersedia gratis untuk di download untuk Windows XP SP2. Sebenarnya banyak alternative software free Spyware tersedia, akan tetapi anda juga perlu berhati-hati kalau download dari situs yang meragukan.

Untuk pengguna Windows genuine download proteksi terhadap virus, spyware, malware lainnya disini. Windows anda harus genuine karena memerlukan verivikasi.

Tip #5 Pelajari pemakaian ReadyBoost

Jika anda menggunakan Windows Vista, anda bisa menggunakan ReadyBoost untuk mempercepat system anda. Ada konsep baru dalam menambah memory kepada system, yang bisa menggunakan non-volatile flash memory – seperti flash USB drive atau memory card – untuk memperbaiki performa tanpa harus menambah memory tambahan.

5 Tips diatas bila dilakukan dengan konsisten dan baik, akan membantu computer anda untuk berada pada performa yang optimal. Disamping cara-2 memperbaiki performa computer, kita juga perlu meningkatkan segala upaya agar computer kita bisa aman dari segala ancaman terhadap keamanan dalam hal computer tersebut terhubung dengan internet.

source: Microsoft

Posted on September 21, 2010, in Anyar, komputer. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. panjang banget mas , tapi makasih banget bisa dibuat acuan untuk pc komputer saya. sip postingnya. semoga bermanfaat juga buat yang lain yang mapir di blog ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • banner

    Creative Commons License
    This work is in the Public Domain. free counters
  • %d blogger menyukai ini: