Menggabungkan Smadav dengan Antivirus lain

Smadav dapat digabungkan dengan Antivirus lain manapun sehingga Smadav dapat menjadi lapisan pertahanan kedua dan bekerjasama dengan Antivirus tersebut. Ini berbeda dengan antivirus lainnya yang sebagian besar tidak dapat berjalan sempurna ketika ada antivirus yang sudah terinstall di komputer tersebut. Dan pada umumnya akan terjadi bentrok antara 2 antivirus yang di-install dalam satu komputer. Ini tidak terjadi pada Smadav, karena Smadav menggunakan teknik yang berbeda dari antivirus lainnya dalam melindungi komputer dari serangan virus. Dalam satu komputer, 2 Antivirus tidak dapat digunakan bersama ketika proteksi 2 antivirus tersebut menggunakan teknik yang sama.

Smadav bisa dikatakan sudah mampu mendeteksi 90% virus yang menyebar di Indonesia, ini karena virus yang menyebar di Indonesia kebanyakan adalah virus lokal dan beberapa virus luar yang sangat populer (misalnya Conficker, Sality, Alman, & Virut). Jadi hanya dengan Smadav saja, komputer Anda sudah sangat sulit terinfeksi virus, tapi tidak ada salahnya jika Anda tetap menggunakan satu antivirus impor gratis (Avast, AVG, atau Avira) sebagai lapisan pengamanan tambahan untuk komputer Anda. Tim Smadav lebih menyarankan Avast karena selain gratis, bahkan Avast lebih baik daripada antivirus berbayar lainnya yang notabene sangat mahal.

Walaupun Smadav dapat digabungkan dengan sempurna bersama Antivirus lain dalam satu komputer, akan ada beberapa kendala yang terjadi pada Smadav. Berikut ini adalah kendala-kendalanya :

  • Smadav akan gagal di-install pada beberapa Antivirus yang mendeteksi Smadav sebagai Virus, saat ini ada 2 antivirus yang salah mendeteksi Smadav sebagai virus, yakni Kaspersky dan Rising AV. Solusinya adalah dengan menambahkan Smadav ke daftar pengecualian antivirus tersebut (misalnya : trusted zone pada Kaspersky)
  • Smadav tidak akan mendeteksi virus yang sudah dideteksi antivirus lain tersebut
  • Proses scanning Smadav yang awalnya cepat akan menjadi sama lambatnya dengan Antivirus tersebut karena Antivirus tersebut akan ikut melakukan scanning ketika Smadav melakukan scanning

source

Posted on Oktober 2, 2010, in Anti Virus, komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • banner

    Creative Commons License
    This work is in the Public Domain. free counters
  • %d blogger menyukai ini: